Dien Her. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

RPP PKn Berkarakter


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN



SEKOLAH DASAR              :   SD NEGERI  I  CIANGIR

MATA PELAJARAN           :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN  

KELAS                                    :   V (lima)

SEMESTER                           :   II (dua)   

HARI / TANGGAL               :   11 Maret 2011

 WAKTU                                 :   2 X  35  MENIT  

                                                                                                        

I.  Standar  Kompetensi           :   Menghargai keputusan bersama.

II.  Kompetensi  Dasar            :   Mengenal Keputusan Bersama

III.  Indikator  :
1.      Menjelaskan  pengertian  musyawarah  mufakat  dalam bermusyawarah.
2.      Menjelaskan pengertian voting dalam  bermusyawarah.  
3.      Menyebutkan 5 langkah bentuk pengambilan keputusan dengan cara voting.

IV.  Tujuan  Pembelajaran
Meningkatkan pemahaman peserta didik tentang bentuk pengambilan keputusan dalam bermusyawarah dengan menerapkan model Value Clarification Technique (VCT) Percontohan.
         
V.  Tujuan  Pembelajaran:
1.       Melalui informasi peserta didik dapat menjelaskan pengertian musyawarah mufakat sebagai bentuk  pengambilan    keputusan dalam bermusyawarah dengan tepat.
2.       Melalui informasi peserta didik dapat menjelaskan pengertian voting sebagai  bentuk  pengambilan keputusan dalam bermusyawarah dengan cermat. 
3.      Melalui diskusi peserta didik dapat menjelaskan 5 langkah-langkah pengambilan keputusan dengan cara voting dengan tepat.         
VI.  Materi  Pokok:
      Dalam sebuah musyawarah organisasi, keputusan hasil musyawarah dapat diambil melalui dua cara yaitu:
1.  Musyawarah mufakat
     Musyawarah untuk mufakat adalah bentuk pengambilan keputusan bersama yang   mengedepankan kebersamaan. Musyawarah dilakukan bertujuan untuk mempertemukan semua  pendapat yang  berbeda-beda. Setelah  semua  pendapat didengar  dan ditapung,  pendapat yang paling baik akan disepakati bersama.
             2.  Pemungutan suara/voting
      Musyawarah dilakukan dengan cara pemungutan suara/voting dilakukan apabila, musyawarah untuk mufakat tidak membuahkan hasil. Hal ini terjadi ketika beberapa pendapat dianggap sama baiknya atau karena ada beberapa pendapat dianggap tidak menguntungkan semua pihak.
       Voting merupakan cara kedua jika musyawarah untuk mufakat gagal dilakukan, sebelum voting dilaksanakan, perlu memperhatikan hal-hal berikut:
a.     Voting ditempuh apabila dengan cara musyawarah untuk mufakat   sudah     dilaksanakan tetapi  tidak mendapatkan hasil keputusan.
b.     Voting dilakukan karena ketidakmungkinan   untuk menempuh mufakat lagi. Ketidakmungkinan ini disebabkan munculnya beragam pendapat yang bertentangan. Pertentangan inilah yang mencegah pencapaian kata mufakat.
c.     Voting didlkukan karena sempitnya waktu, sementara keputusan harus segera diamabil.
d.    Voting dilakukan setelah semua peserta musyawarah hadir mencapai  kuorum.
e.     Voting dianggap sah sebagai keputusan jika separuh lebih  peserta yang hadir menyujuinya.
     Dalam voting pendapat yang memperoleh suara terbanyak menjadi keputusan bersama dan pendapat lain yang mendapat suara lebih sedikit terpaksa diabaikan. Selanjutnya, anggota yang pendapatnya kalah harus menyepakati pendapat yang menang. Sementara itu, anggota yang pendapatnya menang harus menghormati rekan yang pendapatnya kalah.
      Kuorum adalah jumlah paling sedikit dari peserta musyawarah yang harus hadir agar voting dapat dilaksanakan dan keputusan dianggap sah. Biasanya, kuorum dalam musyawarah adalah 2/3 dari total peserta yang hadir.

VII.  Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Diskusi

VII. Langkah-langkah  Pembelajaran
  A. Kegiatan awal (5 menit)
1.      Mengkondisikan peserta didik terhadap suasana pembelajaran dengan diawali berdoa bersama, melakukan pengabsenan, mempersiapkan peralatan belajar, dan pengaturan tempat duduk yang strategis sesuai rencana pembelajaran.
2.      Bertanya jawab untuk mengarahkan dan menggiring peserta didik ke dalam materi pembelajaran yang akan dipelajari dengan cara mengaitkan pada materi yang telah dipelajari pada pertemuan yang lalu sebagai apersepsi.
3.      Menginformasikan pada peserta didik tentang tujuan pembelajaran  dan materi pokok yang akan dipelajari untuk memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran bentuk pengambilan keputusan dalam bermusyawarah.


  B. Kegiatan  Inti (20 menit)
1.      Guru menyampaikan  informasi  kepada peserta didik  tentang pengertian dari musyawarah mufakat.
2.      Guru menyampaikan informasi kepada peserta didik  tentang pengertian pengambilan keputusan dengan cara poting.
3.      Peserta didik berdiskusi kelompok untuk menemukan penjelasan tentang langkah-langkah melakukan pengambilan keputusan dalam bermusyawarah dengan cara voting/pemungutan suara.
4.      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok dalam bimbingan guru, dengan cara bergiliran di depan kelas, sehingga muncul  tanggapan, sanggahan dan pendapat tentang langkah-langkah melaksanakan voting dari peserta didik lain dalam bentuk diskusi kelas.
5.      Peserta didik dan guru bertanya jawab untuk mengkonfirmasi langkah-langkah pengambilan keputusan dengan cara voting yang benar.
6.      Peserta didik dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
7.      Guru memberikan evaluasi akhir pembelajaran secara tertulis.

  C.  Kegiatan Akhir (10 menit)
1.      Peserta didik  dan guru mengadakan refleksi proses dan hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.      Guru memberikan tindak lanjut sebagai bahan perbaikan dan pengayaan hasil belajar dalam bentuk tugas pekerjaan rumah (PR), serta memotivasi peserta didik untuk meningkatkan cara belajar di sekolah dan di rumah.
3.      Guru menutup proses pembelajaran.

VIII.  Alat dan sumber belajar
      a.  Alat pembelajaran:
      b. Sumber Belajar
1.      Kurikulum KTSP
2.      Buku paket PKn kelas V
3.      Buku penunjang lain
IX. Evaluasi pembelajaran
1.      Prosedur evaluasi
a.       Free test
a.       Proses
b.      Post test.
2.      Jenis evaluasi
a.       Unjuk kerja
b.      Test tertulis
3.      Bentuk test
      Soal isian
4.      Alat test/ soal evaluasi

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.      Kelompok manusia yang diatur untuk bekerja sama guna mencapai tujuan yang     sama disebut  ....
2.      Pembahasan bersama dengan maksud mengambil keputusan atas suatu masalah disebut ....
3.      Sikap kita terhadap pendapat orang lain harus ....
4.      Dalam melaksanakan hasil keputusan semua peserta harus disertai dengan penuh  rasa ....
5.      Kuorum adalah ....



           Mengetahui                                                          Ciangir, 11 Maret 2011
       Kepala Sekolah,                                                              Guru Kelas,



   M U L Y A N A, A Ma. Pd.                                      HAERUDIN, A Ma Pd.
NIP. 19540608 197403 1 004                                  NIP. 19700508 200501 1 008





LEMBAR SOAL
TES AKHIR PROSES  PEMBELAJARAN

Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      Kelompok manusia yang diatur untuk bekerja sama guna mencapai tujuan  yang     sama disebut  ....
2.      Pembahasan bersama dengan maksud mengambil keputusan atas suatu masalah disebut ....
3.      Sikap kita terhadap pendapat orang lain harus ....
4.      Dalam melaksanakan hasil keputusan semua peserta harus disertai dengan penuh  rasa ....
5.      Kuorum adalah ....




       Mengetahui                                                          Ciangir, 11 Maret 2011

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar