RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR : SD NEGERI I CIANGIR
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS : V (lima)
SEMESTER : II (dua)
HARI / TANGGAL : 11 Maret 2011
WAKTU : 2 X 35 MENIT
I.
Standar Kompetensi :
Menghargai keputusan bersama.
II. Kompetensi
Dasar : Mengenal
Keputusan Bersama
III. Indikator :
1.
Menjelaskan
pengertian musyawarah mufakat dalam bermusyawarah.
2.
Menjelaskan pengertian voting dalam bermusyawarah.
3.
Menyebutkan 5 langkah bentuk pengambilan keputusan dengan
cara voting.
IV.
Tujuan Pembelajaran
Meningkatkan
pemahaman peserta didik tentang bentuk pengambilan keputusan dalam
bermusyawarah dengan menerapkan model Value Clarification Technique (VCT)
Percontohan.
V. Tujuan
Pembelajaran:
1. Melalui informasi peserta didik dapat
menjelaskan pengertian musyawarah mufakat sebagai bentuk pengambilan
keputusan dalam bermusyawarah dengan tepat.
2. Melalui informasi peserta didik dapat
menjelaskan pengertian voting sebagai
bentuk pengambilan keputusan dalam
bermusyawarah dengan cermat.
3. Melalui
diskusi peserta didik dapat menjelaskan 5 langkah-langkah pengambilan keputusan
dengan cara voting dengan tepat.
VI.
Materi Pokok:
Dalam sebuah musyawarah organisasi,
keputusan hasil musyawarah dapat diambil melalui dua cara yaitu:
1. Musyawarah
mufakat
Musyawarah untuk mufakat adalah
bentuk pengambilan keputusan bersama yang mengedepankan kebersamaan. Musyawarah
dilakukan bertujuan untuk mempertemukan semua
pendapat yang berbeda-beda.
Setelah semua pendapat didengar dan ditapung,
pendapat yang paling baik akan disepakati bersama.
2.
Pemungutan suara/voting
Musyawarah dilakukan dengan cara
pemungutan suara/voting dilakukan apabila, musyawarah untuk mufakat tidak
membuahkan hasil. Hal ini terjadi ketika beberapa pendapat dianggap sama
baiknya atau karena ada beberapa pendapat dianggap tidak menguntungkan semua
pihak.
Voting merupakan cara kedua jika
musyawarah untuk mufakat gagal dilakukan, sebelum voting dilaksanakan, perlu
memperhatikan hal-hal berikut:
a. Voting ditempuh
apabila dengan cara musyawarah untuk mufakat
sudah dilaksanakan tetapi tidak mendapatkan hasil keputusan.
b. Voting dilakukan karena ketidakmungkinan untuk menempuh mufakat lagi.
Ketidakmungkinan ini disebabkan munculnya beragam pendapat yang bertentangan.
Pertentangan inilah yang mencegah pencapaian kata mufakat.
c. Voting
didlkukan karena sempitnya waktu, sementara keputusan harus segera diamabil.
d. Voting
dilakukan setelah semua peserta musyawarah hadir mencapai kuorum.
e. Voting dianggap sah sebagai keputusan jika
separuh lebih peserta yang hadir
menyujuinya.
Dalam voting pendapat yang memperoleh
suara terbanyak menjadi keputusan bersama dan pendapat lain yang mendapat suara
lebih sedikit terpaksa diabaikan. Selanjutnya, anggota yang pendapatnya kalah
harus menyepakati pendapat yang menang. Sementara itu, anggota yang pendapatnya
menang harus menghormati rekan yang pendapatnya kalah.
Kuorum adalah jumlah paling sedikit dari
peserta musyawarah yang harus hadir agar voting dapat dilaksanakan dan
keputusan dianggap sah. Biasanya, kuorum dalam musyawarah adalah 2/3 dari total
peserta yang hadir.
VII.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya
jawab
3. Diskusi
VII. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan awal (5 menit)
1. Mengkondisikan
peserta didik terhadap suasana pembelajaran dengan diawali berdoa bersama,
melakukan pengabsenan, mempersiapkan peralatan belajar, dan pengaturan tempat
duduk yang strategis sesuai rencana pembelajaran.
2. Bertanya
jawab untuk mengarahkan dan menggiring peserta didik ke dalam materi
pembelajaran yang akan dipelajari dengan cara mengaitkan pada materi yang telah
dipelajari pada pertemuan yang lalu sebagai apersepsi.
3. Menginformasikan
pada peserta didik tentang tujuan pembelajaran
dan materi pokok yang akan dipelajari untuk memotivasi peserta didik
dalam proses pembelajaran bentuk pengambilan keputusan dalam bermusyawarah.
B. Kegiatan Inti (20 menit)
1. Guru
menyampaikan informasi kepada peserta didik tentang pengertian dari musyawarah mufakat.
2. Guru
menyampaikan informasi kepada peserta didik
tentang pengertian pengambilan keputusan dengan cara poting.
3. Peserta
didik berdiskusi kelompok untuk menemukan penjelasan tentang langkah-langkah
melakukan pengambilan keputusan dalam bermusyawarah dengan cara
voting/pemungutan suara.
4. Peserta
didik menyampaikan hasil diskusi kelompok dalam bimbingan guru, dengan cara
bergiliran di depan kelas, sehingga muncul
tanggapan, sanggahan dan pendapat tentang langkah-langkah melaksanakan
voting dari peserta didik lain dalam bentuk diskusi kelas.
5. Peserta
didik dan guru bertanya jawab untuk mengkonfirmasi langkah-langkah pengambilan
keputusan dengan cara voting yang benar.
6. Peserta
didik dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
7. Guru
memberikan evaluasi akhir pembelajaran secara tertulis.
C. Kegiatan Akhir (10 menit)
1. Peserta
didik dan guru mengadakan refleksi
proses dan hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru
memberikan tindak lanjut sebagai bahan perbaikan dan pengayaan hasil belajar
dalam bentuk tugas pekerjaan rumah (PR), serta memotivasi peserta didik untuk
meningkatkan cara belajar di sekolah dan di rumah.
3. Guru
menutup proses pembelajaran.
VIII.
Alat dan sumber belajar
a. Alat pembelajaran:
b. Sumber Belajar
1. Kurikulum
KTSP
2. Buku
paket PKn kelas V
3. Buku
penunjang lain
IX. Evaluasi pembelajaran
1. Prosedur
evaluasi
a. Free
test
a. Proses
b. Post
test.
2. Jenis
evaluasi
a. Unjuk
kerja
b. Test
tertulis
3. Bentuk
test
Soal isian
4. Alat
test/ soal evaluasi
Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat !
1. Kelompok
manusia yang diatur untuk bekerja sama guna mencapai tujuan yang sama disebut ....
2. Pembahasan
bersama dengan maksud mengambil keputusan atas suatu masalah disebut ....
3. Sikap
kita terhadap pendapat orang lain harus ....
4. Dalam
melaksanakan hasil keputusan semua peserta harus disertai dengan penuh rasa ....
5. Kuorum
adalah ....
Mengetahui Ciangir,
11 Maret 2011
Kepala Sekolah, Guru Kelas,
M U L Y A N A, A Ma. Pd. HAERUDIN, A Ma Pd.
NIP. 19540608 197403 1 004 NIP. 19700508 200501 1 008
LEMBAR SOAL
TES AKHIR PROSES
PEMBELAJARAN
Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat!
1. Kelompok
manusia yang diatur untuk bekerja sama guna mencapai tujuan yang
sama disebut ....
2. Pembahasan
bersama dengan maksud mengambil keputusan atas suatu masalah disebut ....
3. Sikap
kita terhadap pendapat orang lain harus ....
4. Dalam
melaksanakan hasil keputusan semua peserta harus disertai dengan penuh rasa ....
5. Kuorum
adalah ....
Mengetahui Ciangir,
11 Maret 2011
0 komentar:
Posting Komentar